Sejarah Tentang Mitologi Yunani “Cerberus”

Sejarah Tentang Mitologi Yunani "Cerberus"
Sejarah Tentang Mitologi Yunani "Cerberus"

Sejarah Tentang Mitologi Yunani “Cerberus” – Cerberus, dalam mitologi Yunani, anjing penjaga yang mengerikan di dunia bawah. Dia biasanya dikatakan memiliki tiga kepala, meskipun penyair Hesiod (berkembang abad ke-7 SM) mengatakan ia memiliki 50 kepala. Kepala ular tumbuh dari punggungnya, dan ia memiliki ekor ular. Dia melahap siapa pun yang mencoba untuk melarikan diri dari kerajaan Hades, penguasa dunia bawah, dan dia menolak masuk ke manusia yang hidup, meskipun pahlawan mitos Orpheus mendapatkan jalan dengan memikatnya dengan musik. Salah satu pekerjaan Heracles prajurit adalah membawa Cerberus ke tanah orang yang masih hidup; Setelah berhasil, ia mengembalikan makhluk itu ke Hades.

Nama “Cerberus” adalah versi bahasa Latin dari Kerberos Yunani, yang dapat dikaitkan dengan kata sanskerta sarvara, yang digunakan sebagai julukan dari salah satu anjing Yama, dari bahasa Proto-Indo-Eropa kata * ḱerberos, yang berarti “melihat”.

Para ahli mitologi berspekulasi bahwa hubungan monster dengan anjing pertama kali dilakukan di kota Trikarenos di Phliasia.

Keluarga Besar Dari Cerberus Antara Lainnya Adalah:

  • Ayah Cerberus : Typhon
  • Ibu Cerberus : Echidna

Cerberus Dalam Mitologi Yunani

Cerberus ditampilkan dalam banyak karya mitologi Yunani kuno dan sastra Romawi dan dalam karya seni dan arsitektur kuno dan modern, meskipun, penggambaran dan latar belakang di sekitar Cerberus sering berbeda di berbagai karya oleh penulis yang berbeda pada zaman itu.

Perbedaan yang paling menonjol adalah jumlah kepala Cerberus: sebagian besar sumber menggambarkan atau menggambarkan tiga kepala; yang lain menunjukkannya dengan dua atau bahkan hanya satu; sejumlah kecil sumber menunjukkan angka variabel, kadang-kadang sebanyak lima puluh.

Tema umum adalah konstan, dengan ekor naga dan ular menggeliat dari tubuh Cerberus dan kebiadaban liar yang hanya mematuhi suara Hades atau Persephone.

Cerberus Dalam Sastra Yunani Dan Romawi

Cerberus telah ditampilkan dalam banyak karya terkemuka dari literatur Romawi, paling terkenal di Virgil’s Aeneid, dan kisah Orpheus dalam Simposium Plato, dan dalam Homer Iliad, yang merupakan satu-satunya referensi yang diketahui ke salah satu pekerjaan Heracles yang pertama kali muncul dalam sebuah sumber sastra.

Di Aeneid Cerberus ditidurkan setelah ditipu untuk memakan kue yang dibius dan Orpheus membuat makhluk itu tidur dengan musiknya. Menangkap Cerberus hidup-hidup adalah kerja kedua belas dan terakhir dari Heracles.

Dalam Inferno Dante Alighieri, Canto VI, Cerberus ditemukan di Lingkaran Neraka Ketiga, tempat ia menjaga dan membelah orang-orang yang telah menyerah pada kerakusan, salah satu dari tujuh dosa mematikan Katolik Roma.

Mitos Cerberus Dan Hercules

Menurut mitos Cerberus dan Hercules, Cerberus dibawa dari Hades oleh Hercules di salah satu pekerjaannya. Ini dicapai hanya setelah pertempuran yang berkepanjangan di mana pahlawan Hercules dianiaya oleh taring Cerberus dan diancam oleh ular yang tumbuh dari punggung dan ekornya.